Pilih Laman

Hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni merupakan momen sidang kedua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang terjadi pada 1 Juni 1945. Pada sidang kedua BPUPKI tersebut, Soekarno menyampaikan pidato yang berisi tentang gagasan Pancasila sebagai dasar negara dan oleh mantan ketua BPUPKI, Dr. Radjiman Wedyodiningrat, pidato tersebut diberi judul “Lahirnya Pancasila”.

Bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Boyolali,pada Sabtu, 01 Juni 2024, Pengadilan Negeri Boyolali menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Bertindak selaku pembina upcara, Ketua Pengadilan Negeri Boyolali, Dwi Hananta, S.H., M.H., Ph.D dan diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Negeri Boyolali.

Dalam pidato Pembina Upacara, Dwi Hananta, S.H., M.H., Ph.D., menyampaikan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI. Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” dengan makna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Mengakhiri pidato peringatan Hari Lahir Pancasila, pembina upacara mengajak kepada seluruh keluarga Pengadilan Negeri Boyolali secara khusus dan komponen bangda pada umumnya untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila dan bekerja sama serta berkolaborasi menjaga kerukunan dan dan keutuhan sebagai wujud pengalaman nilai-nilai Pancasila,

SALAM PANCASILA!

01 Juni 2024

Tim Redaksi